Kamis, 05 Juni 2014

ARTIKEL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI



ARTIKEL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Fenomena Perkembangan Teknologi Komunikasi
Perspektif  Manajemen Organisasi

          Belakangan ini manusia diseluruh dunia telah dimanjakan oleh adanya fenomena perkembangan teknologi komunikasi, hal ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan yang ada, perlahan tetapi pasti kini teknologi telah merubah sebuah peradaban yang ada, dari mulai kehidupan sosial, masyarakat, politik bahkan samapi pada ekonomi, Hal ini tentu tidak terlepas dari adanya perkembangan teknologi dan komunikasi. Sehingga jika kita melihat hal ini maka kita bisa mengatakan bahwa segala bentuk kehidupan kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya teknologi komunikasi, apalagi kita yang hari ini hidup di zaman yang serba canggih dan modern ini, tentunya tidak akan terlepas dari serba kepraktisan yang ada.
          Segala faslitas teknologi yang ada kini telah membuka jendela mata dunia kita, yang dekat kini semakin dekat , dan yang yang jauh pun terasa dekat. Adanya alat teknologi komunikasi yang canggih seperti Hand Phone, Jejaring sosial dan lainnya membuat komunikasi semakin mudah , tidak lagi berbicara soal jarak yang jauh maupun waktu tempuh yang lama, kini dimana pun dan kapan pun orang bisa mudah untuk melakukan komunikasi, tidak memandang baik itu orang kaya , miskin, pejabat ataupun rakyat semuanya bisa meniknmati kepraktisan yang ada.
          Adanya fenomena ini jika dilihat dalam sudut pandang sebuah organisasi maka kita bisa menyebutkan bahwa adanya perkembangan ini tidak terlepas dari sebuah perencanaan yang ada , dan juga tidak terlepas dari analisis kebutuhan yang semakin hari semakin meningkat, jika kita analisis hari ini alat- alat komunikasi telah menjadi sebuah tuntutan dan kebutuhan semua orang dalam menjalani kehidupannya. Ini sekiranya yang dalam organisasi disebut sebagai manajemen organisasi. Yang terdiri dari planing, actuiting, organizing, dan controling atau seringkali disingkat dengan sebutan POAC.
          Planning atau perencanaan, adanya sebuah perkembangan teknologi komunikasi itu tidak terlepas dari sebuah perencanaan yang matang, sehingga bagaimana sebuah perencanaan ini bisa menjadi relevan dengan kebutuhan yang ada, sehingga nantinya tidak akan sia-sia, hal tersebut tentunya membutuhkan sebuah analisis lapangan yang benar-benat aktual dan sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan saat ini. Selanjutnya yaitu Organizing, hal ini berkaitan dengan bagaimana kita mampu mengkoordinir semua hal-hal yang terlibat didalamnya mulai dari orang-orangnya,ide atau gagasan samapi kepada program-program yang nantinya akan dilaksanakan, berbicara tentang perkembangan teknologi komunikasi pun demikian kita mesti bisa mengkoordinir elemen-elemen yang mampu membantu kita dalam mengembangkan alat-alat tersebut.
          Selanjutnya adalah actuiting atau aksi kita yang sebenarnya, hal ini brhubungan dengan bagaimana kita mengaplikasikan rencana-rencana kita ke dalam program-program dilapangan ,seperti halnya ketika berbicara tentang perkembangan teknologi komunikasiyang ada ,adanya alat-alat komunikasi yang canggih seperti handphone, jejaring sosial, BBM, dan lainnya itu merupakan sebuah pengaplikasikan ataupun bukti nyata adanya sebuah perkembangan teknologi dan komunikasi. Dan yang terakhir adalah Controling ataupun mengontrol program-program yang ada, baik handphone maupun jejaring sosial yang ada itu tidak hadir bebas begitu saja namun disini tentu ada sebuah controling dari penggunaan alat-alat tersebut supaya nantinya penyalahgunaannya tidak menyimpang dari ketentuan yang ada. Seperti adanya UUD tentang IT dan penyaringan blog-blog tertentu itu merupakan sebuah bukti adanya controling dari perkembangan teknologi dan komunikasi hari ini.
          Dari pemaparan yang ada jelas bahwa adanya Perkembangan Teknologi Komunikasi itu tidak semata-mata langsung ada begitu saja dan tanpa perencanaan sebelumnya, namun adanya fenomena ini tidak terlepas dari manajemen-manajemen yang ada salah satunya manajemen organisasi. Manajemen inilah yang nantinya sangat berperan penting dalam terselenggaranya sebuah perkembangan teknologi komunikasi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia hari ini dan dimasa yang akan datang. Adanya Manajemen Organisasi dalam perkembangan  teknologi dan komunikasi ini diharapkan bisa menjadi sebuah tolak ukur bagaimana sebuah teknologi dan komunikasi itu berkembang di masyarakat kita ini yang tentunya sesuai dengan keadaan masyarakat kita, dan selain itu juga adanya Perkembangan teknologi Komunikasi ini mampu dimanfaatkan oleh masyarakat sebaik-baiknya.

0 komentar:

Posting Komentar