Sabtu, 07 Juni 2014

UNSUR INSTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERITA DEWI NAWANG WULAN


MENDENGARKAN CERITA:

o   Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang telah didengarkan
   (Dewi Nawang Wulan).
o   Siswa dapat menganalisis unsur Instrinsik & ekstrinsik cerita yang telah didengarkan.

=>Cerita Dewi Nawang Wulan.
Alkisah, disebuah desa hiduplah seorang perempuan yang bernama Nyi Randa Tarub.Sebenarnya,dia tidak bernama demikian.”Nama Tarub” berasal dari nama desa yang ditempatinya,dan “Randa” diberikan karena suami Nyi Randa Tarub telah meninggal.Kata Randa  dalam bahasa Jawa berarti “janda”.
Nyi Randa Tarub mempunyai seorang putra yang bernama Jaka Tarub.Menurut riwayatnya,Jaka Tarub bukanlah anak Kandung Nyi Randa Tarub.Dia adalah anak dari seorang putri Bupati Tuban yang di asuh oleh Nyi Randa Tarub sejak bayi.Setelah dewasa,Jaka Tarub Tumbuh menjadi seorang pemuda tampan dan gemar berburu.
Pada pagi hari,seperti biasanya Jaka Tarub menyelusuri hutan tempat dia sering berburu.Akan tetapi setengah harian,Jaka Tarub tidak menemukan seekorpun hewan buruan.Akhirnya Jaka Tarub pun duduk melepaskan lelah.Diapun mendengar suara beberapa wanita dengan rasa ragu-ragu,Jaka Tarub pu mencari asal suara itu.
Jaka Tarub menjadi terkejut melihat apa yang ada dihadapannya,yaitu empat orang gadis  yang sedang bermain air disebuah telaga kecil ditengah hutan.Jaka Tarub pun selalu memperhatikan gadis-gadis yang sedang asyik bermain air.Tiba-tiba matanya melihat onggokan selendang yang terletak ditepi telaga.Dibenaknya,Timbul keinginan untuk menyembunyikan selendang itu.Kemudian Jaka Tarub pun mengendap-ngendap mengambil salah satu selendang itu,lalu pergi bersembunyi.
Ketika para gadis yang ternyata bidadari itu hendak kembali ke kayangan,salah satu dari mereka panik karena kehilangan selendangnya.Tapi,ketiga bidadari lain tidak dapat berbuat apa-apa.Dengan terpaksa tiga bidadari itu harus meninggalkan,bidadari yang kehilangan selendang-nya yang bernama Dewi Nawang Wulan.Dewi Nawang Wulan pun menangis,kemudian Jaka Tarub pun menghampirinya dan Dewi Nawang Wulan pun menerima tawaran Jaka Tarub.
Hari demi hari, Jaka Tarub pun memperistri Dewi Nawang Wulan, dan satu tahun kemuadian mereka di karuniai seorang putri yang bernama Nawangsih, dan mereka pun hidup bahagia.
Bagaimanapun Dewi Nawang Wulan adalah seorang bidadari sehingga dia mempunya kelebihan, salah satunya adalah dapat membuat sebakul nasi dari sebutir beras. Namun, kesaktiannya bisa hilang apabila ada yang mengetahui rahasia itu. Maka, sebelum mencari sayur-mayur Dewi Nawang Wulan selalu berpesan kepada Jaka Tarub.
Mula-mula Jaka Tarub mematuhi pesan istrinya. Namun, lama-kelamaan Jaka Tarub penasaran dan nekad membuka kukusan itu, dan Jaka Tarub pun heran, karena didalam kukusan itu ternyata hanya sebutir beras. Jaka Tarub pun memberitahukan semuanya kepada Istrinya, seketikapun Dewi Nawang Wulan Kehilangan kesaktiannya.
Dewi Nawang Wulan pun harus memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan susah payah, dari mengambil padi dan mengambil padi dimlumbung . semakin lama, padi di lumbung mereka semakin berkurang, sampai suatu hari, Dewi Nawang Wulan terkejut karena dia melihat selendangnya berada diantara tumpukan padinya. Dihati Nawang Wulan, timbul perasaan sedih dan gembira. Sedih karena harus berpisah dengan suami dan anaknya. Gembira karena  dapat kembali kekayangan.
Karena Dewi Nawang Wulan mengambil padi terlalu lama, Jaka Tarub pun menyusul istrinya. Dan Jaka Tarub  pun terkejut karena  telah melihat istrinya berubah wujud menjadi seorang bidadari.
Jaka Tarub pun menceritakan semuanya, bahwa dialah yang menyembunyikan selendangnya. Dewi Nawang Wulan memaafkan suaminya. Mereka pun menangis bersama. Setelah itu, Jaka Tarub pun mengikhlaskan istrinya untuk kembali kekayangan. Dan Nawang Wulan pun berpesan kepada suaminya untuk di buatkan danau didekat pondoknya, dan setiap malampun Jaka Tarub membawa anaknya ke danau itu untuk menunggu kedatangan Dewi Nawang Wulan.

Unsur Instrinsik dalam Cerita :
o   Tema                    :  Kisah Seorang Pemuda desa yang mempunyai istri seorang bidadari.
o   Latar                    :  -Di Hutan, (Ketika Jaka Tarub berburu, kemudian
 menemu para bidadari yang  bermain air di Telaga  suasana pada saat itu menegangkan bagi
 Jaka Tarub, kepanikan dan kesedihan yang  mendalam    bagi Nawang Wulan. Hal ini terjadi pada sore hari      menjelang petang)
    -Di lumbung padi, (ketika Dewi Nawang Wulan  
   menemukan selendangnya  ditengah tumpukan
   padi, suasana hati Nawang Wulan pada saat
bergejolak antara gembira dan sedih dan Jaka  Tarub pun merasakan perasaan sedih pula karena harus berpisah mengikhlaskan Dewi Nawang Wulan untuk kembali kekayangan)
  o   Alur                  :   Alur maju di karenakan cerita tersebut di mulai dari
                               Jaka Tarub menyembunyikan selendang Dewi Nawang 
                               Wulan, lalu mereka tinggI bersama menikah atau                                              menjalani rumah tangga, sampai akhirnya Dewi  Nawang                                  Wulan kembali kekayangan.
  o   Gaya Bahasa       :   Baku.
  o   Sudut Pandang    :  Sudut pandang orang ketiga, karena dicerita tersebut                                       selalu menggunakan kata dia, dirinya, mereka.
  o   Tokoh                   : 
                    *Tokoh Utama    : 
                     - Jaka Tarub : Jahat (pencuri), tidak menjaga amanah,nekad dan  setia
                     - Dewi Nawang Wulan : Penyayang, pemaaf, pekerja keras, dan perhatian.
                    
                     * Tokoh Figuran  : 
                     - Nyi Randa Tarub : penyayang
                     - Tiga bidadari       : Egois karena terpaksa
                     - Nawangsih           : Setia menunggu ibunya       
   o   Amanah  :
1.     Jangan pernah menyembunyikan sesuatu dari orang yang kita sayangi.Karena justru lebih menyakitkan bila dia mengetahui apa yang kita sembunyikan.
2.     Kita sebagai manusia,tentu mempunyai banyak kesalahan baik disengaja ataupun tidak.Oleh karena itu,kita harus saling memaafkan.
3.     Apapun amanah yang diberikan sesorang kepada kita,harus senantiasa kita jaga sebaik-baiknya.Karena,kepercayaan seseorang kepada kita akan bertambah jika kita bisa menjaga amanah orang tersebut.

Unsur Ekstrinsik Dalam Cerita :
·        Nilai Budaya :
-Didalam cerita,Dewi Nawang Wulan masih menggunakan cara tradisional  dalam mengolah bulir-bulir padi menjadi beras yaitu dengan cara di tumbuk.
-Sedangkan,masa sekarang.Masyarakat pada umumnya sudah tidak menggunakan cara tradisional dan beralih ke cara modern.
·        Nilai Agama  :
-Didalam cerita DewiNawang Wulan memaafkan suaminya yang telah  berbuat salah kepada dirinya.
-Sedangkan,masa sekarang ini.Seorang wanita seperti Dewi Nawang Wulan  sudah sangat langka,masih memaafkan sesorang yang telah merubah hidupnya.
·        Nilai Moral   :
1.     Kelapangan hati Dewi Nawang Wulan untuk memaafkan suaminya(Jaka Tarub).
2.     Keikhlasan Jaka Tarub untuk merelakan istrinya(Dewi Nawang Wulan)untuk berpisah dan kembali  kekayangan.
·        Nilai Sosial    : Nyi Randa Tarub untuk mengasuh Jaka Tarub.





2 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih banget sis

Nur Alfi Hidayati mengatakan...

iye sama-sama ;) sering sering visited yaaa

Posting Komentar