Sabtu, 07 Juni 2014

PARAGRAF EKSPOSISI

MEMBUAT PARAGRAF EKSPOSISI:

1.     EKSPOSISI DEFINISI:
Sejarah adalah pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang terjadi pada masa lampau.Dengan mempelajari ilmu sejarah kita dapat mengetahui rekonstruksi peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan dapat mengetahui pengorbanan para pejuang kita sebelumnya untuk dapat dijadikan sebagai suri tauladan.
2.     EKSPOSISI PERTENTANGAN:
Anak aksel umumnya selalu dibebani oleh pelajaran dan tumpukan tugas.Sebaliknya,anak reguler juga tetap dibebani oleh pelajaran tapi tidak sebanding dengan anak aksel.Mereka justru dapat berpartisipasi atau ikut dalam berorganisasi sedangkan anak aksel tidak.
3.     EKSPOSISI PERBANDINGAN:
Milo merupakan susu yang banyak peminatnya,mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.Berbeda dengan jamu peminatnya
4.     EKSPOSISI BERITA:
Terjadi kebakaran  ditanah  abang kemarin malam,menghanguskan 9 rumah.Dan menewaskan 10 korban jiwa,kerugian berkisar miliaran rupiah.
5.     EKSPOSISI PROSES:
Es buah merupakan minuman paling sering dihidangkan dalam keluarga.Proses pembuatannya yaitu menyiapkan buah-buahan,kemudian dipotong kecil-kecil.Setelah itu,tambahkan sagu,kemudian tuangkan sirup atau campurkan susu bila perlu.Setelah itu,tambahkan air secukupnya,kemudian tambahkan dengan es.Dan es buahpun siap dihidangkan.
6.     EKSPOSISI ANALISIS:
Ada berbagai teori dikemukakan dalam pengertian ilmu hukum.Ada yang berpendapat atau melihat dari sudut pandang dan rasa bahasa masing-masing.Ada pula yang berpendapat yaitu L.J.Van Apeldoorn yang mengatakan bahwa Ilmu hukum itu banyak seginya dan luas,sehingga tidak mungkin diberikan suatu definisi tentang pengertian hukum.
7.     EKSPOSISI ILUSTRASI:
Siswa yang bersungguh-sungguh dalam belajar seperti menulis diatas batu.Artinya,siswa yang selalu serius dan sungguh dalam belajar pasti akan tetap ingat dan paham dalam apa yang dia lihat dan dia dengar.Dan siswa yang bermain-main dalam belajar seperti menulis diatas air.Artinya,siswa yang bermain-main itu memang melihat dan mendengar apa yang diterangkan oleh gurunya,akan tetapi semua itu akan hilang seketika.
8.      EKSPOSISI KLASIFIKASI:
Kalimantan merupakan provinsi yang memiliki berbagai macam Anggrek.Dari Anggrek Hitam,Ungu,Putih,dan masih banyak lagi.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kk gimana sich cara membuat paragraf eksposisi tentang sediaan sirup segala zaman..?

Posting Komentar